TIPS

CARA MODIF RX KING

Memaksimalkan RX-KING

Ada sedikit Tips N` trick neh buat maksimalin tenaga Raja standar para bro semua, Tapi tips ini cuma memaksimalkan performa Raja standar saja tanpa melakukan satu perubahan yang besar pada mesin, mayan dah buat ngacir dikit tapi duit juga keluar dikit dan tetep ekonomis pada konsumsi bahan bakar ... hehehhe


1. Mungkin kalo bro semua sering wara-wiri di situs KCDj ini pasti udah sering baca tentang ngalusin kulit jeruk pd blok standar Raja, nah itu salah satu tips yg manjur loh Bro mayan tarikannya nambah sedikit cepat loh !


2. Modifikasi Knalpot standar Raja, macem2 deh caranya tuh modif mo beli knalpot standar racing kek ato dibikin/dibelek chamber, toet ato trang-tang ato apaan kek namanya gue gak hapal yang jelas modifikasi knalpot bisa membantu meringankan tarikan Raja standar, cuma emang kalo modif knalpotnya asal2an ato ngga pas ya kurang mantaf lah tarikan Raja ente Bro.. Kalo masih ragu ato belum tau tempat modif ato belek knalpot silahkan sharing dengan teman disitus KCDj ini dijamin pasti banyak masukan deh .. ato sekalian aja samperin tuh Base Camp KCDj parkit senayan tiap malem minggu 22:00 - 23:59 WIB.


3. Maksimalkan setingan Karbu Raja standar.. Nah di Karbu ini pasokan bahan bakar yang akan dikirim ke silinder diatur... Seting lah karbu anda sesuai kebutuhan baik itu ada penggantian pilot ato spuyer dll, Arti maksimal ini sih ngga cenderung lebih ke kebutuhan untuk kecepatan tinggi soalnya bagi anak2 yang suka narik Gas pol Raja ya pasti setingan cepat yg diklaim setingan maksimal, tapi buat orang yg Rajanya dibuat sarana oprasional wara-wiri dijalanan yg kalo di-itung2 dia bisa seharian gawe dimotor pasti setingan yg irit yg diklaim dia yg paling maksimal. Untuk seting maksimal karbu Disini saya ngga
mematok ukuran spuyer dan pilot untuk Raja karena seting karbu itu bisa berbeda-beda dari satu motor- dengan motor yang lain karena bisa ada beberapa perbedaan modifikasi baik kecil ato besar pada tiap2 raja seperti adanya perbedaan knalpot dengan spek yg berbeda-beda dan masih banyak lagi. Jadi pendekatan seting Karbu yang pas ya harus disesuaikan ato dibaca motor Raja anda sendiri dan saya lebih condong menyarankan anda para bro semua kalo belum begitu paham dengan seting karbu anda sebaiknya minta bantuan ke bengkel ato mekanik yg telah terbukti mantaf untuk menghidari hal2 yg tidak diingikan, nah dari
situ bro yg belum faham jadi bisa pelan2 belajar biar bisa nyeting sendiri... nah info2 bengkel ato mekanik yg bisa nyeting yg bagus bisa diliat di situs KCDj ini pada forum bengkel kita http://www.kcdj.org/forums/index.php?showforum=10

user posted image


4. Kompresi tinggi dapat menjadikan ledakan yg sangat keras disilinder sehingga membuat piston terdorong untuk bergerak lebih cepat sehingga galak deh tarikan motor... Nah naikin kompresi bisa bikin tarikan Raja ente makin yahuud.., Naikin kompresi bisa dilakukan macem2, bisa ke tk bubut, ato kalo mo yg sederhana ya kita bisa modifikasi packing standar Raja kita, macem cara para mekanik ngakalin entuh packing ada yg ganti pake packing tipis ato seng ada yang ngurangin doubel paking jadi satu paking pokoknya macem2 deh yang pada intinya membuat piston lebih maju mendekati head sehingga bensin+udara+olisamping yang udah dikambutkan oleh karbu dapat lebih dipadetkan/ditekan guna memicu ledakan yg lebih hebat.


5. Pemakaian gas spontan kayaknya sih terlihat sepele bgt... tapi kalo diperhatikan bener2 itu lumayan ngebantu dalam pembukaan gas yg radikal apalagi kalo udah ketemu lawan dijalan hemmm.... pasti gak nanggung2 bejek tuh gas... emang sih perbedaannya gas spontan dan yg biasa ya cuma kalo gas spontan dapat memangkas gerak putar gas grip menjadi lebih sedikit dan padat... sehingga tarikan dapat secara reflek otomatis menjadi lebih responsif... Dipasaran sendiri gas spontan udah banyak dari harga yg mahal bgt sampe yg harganya dibawah seratus rebu.. cuma kita musti pinter milih model yg bagus dan kuat biar bisa awet.

user posted image


6. Tingkatkan respon tendangan kopling Raja ente bro... ini gunanya banyak bgt terutama waktu perpindahan gigi biar rpm gak jatuh karena motor dibantu melejit lewat tendangan kopling, memaksimalkan kerja kopling bisa macem2 cara, salah satunya dengan mengganti per kopling standar dengan per kopling yg keras, per kopling keras ada macem2 jenisnya ada yg keras bgt contoh per kodok ato per kompetisi, ada juga yg gak begitu keras kaya per yoshimura, ato per rmc satria 2tak dan masih banyak lagi. Tapi penggunaan per keras agak jarang diminati karena ya itu tuas kolpling agak keras kalo ditarik tapi kalo udah biasa mah gak masalah kok. Ada juga yg memodif kampas kopling tebal L2s diselang seling dengan kampas standar Rx-king standar.. dan banyak lagi yg lain...


7. Atur kombinasi gir depan & belakang sesuai kebutuhan dan karakter nyetir anda Bro. Untuk Rx-King taon muda kombinasi gir standar pabrikannya adalah 15 gir depan & 37 gir belakang (15-37). nah bro bisa maksimalin kombinasi gir ente sesuai kebutuhan ato sesuai driving style ente bro ... tapi gantinya jangan terlalu radikal ato loncatnya terlalu jauh biar power ngga terlalu nge-drop kecuali bro melakukan tuneup besar pada mesin seperti ganti seher lebih besar dll itu baru ente bisa ganti gir agak jauh... nah urut2an kombinasi gir dari yg ringan ke berat bisa didapat dengan kombinasi gir belakang dibagi
gir depan hasilnya dapat bro urut2 kan dari berat ke yg ringan. Contoh bro sekarang pake gir Rx-King standar taon muda yaitu 15-37 nah kalo bro ingin menambah top speed dari Raja ente berarti ente harus memperberat gir ke urutan yg lebih berat satu tingkat yaitu 14-34 untuk lebih jelasnya liat aja tabel di bawah ini..

user posted image

Kombinasi urutan gir tsb diatas kurang begitu lengkap karena ane cuma memasukan kombinasi yg umum dipakai raja sehari2 yaitu gir 14&15 depan serta gir 30-38 ... untuk mendapat hasil yang lebih halus dan lengkap silahkan bro urutkan sendiri mungkin dengan penambahan gir yg lain...


8. Bagi bro yg doyan macu kenceng Rajanya.. bisa juga lakukan pengurangan beban pada raja ente... yah macem2 lah caranya kaya
ganti velk alumunium dst dst .... tapi gak perlu sampe dibikin buntung dan rangka dibolong2in kaya motor dragbike ntar bisa kusut kalo ketemu polisi dijalan kalo motor ente motor buntung...

9. Terakhir Cek dan Benahi semua faktor pendukung kendaraan baik yg vital maupun kelenkapanya secara berkala agar kondisi raja ente tetap 100% okeh seperti contoh Rem, oli samping & oli mesin, kabel2 , baik kabel body maupun kabel instrumen pastikan ngga ada terkelupas, aki, busi, dan masih banyak yg lainnya...

Nah Gimana bro itu semua hanya memaksimalkan Raja standar bro tanpa melakukan korekan ato suatu perombakan/tuneup di bag. mesin yg bersifat merubah drastis... tetapi hasil yang didapat dari maximize Raja seperti diatas cukup mantaf lo bro dan seperti saya sebut diatas motor ngacir tapi duit yg keluar dikit dan konsumsi bensin juga tetap ekonomis ... ayo bro ada yg mo coba ato ada yang mo nambahin biar makin lengkap lengkap...




cara setting karburator rx king

Karburator merupakan salah satu komponen yang sangat vital dalam sebuah kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Ibarat manusia karburator adalah sebagai jantung karena yang menentukan konsumsi bahan bakar dan udara dalam mesin. Kali ini kita akan membahas berbagai masalah yang berhubungan dengan karburator RX king, karburator tipe ini kadang diaplikasikan dalam tipe atau merk sepeda motor yang lainya. Karena RX king itu sendiri sangat identik dengan kecepatanya dan spontanitasnya.
cara setting karburator motor rx king
bagian karburator
Cara setting karburator motor rx king pada vespa ada disini, karburator rx king pada keadaan mesin dalam kondisi dingin sangat susah dan selalu mbrebet mbrebet, hal ini di sebabkan oleh karena volume bensin dalam magkuk karburator terlalu banyak. Volume bensin dalam karburator ini dapat disetting dengan merubah ketinggian pelampung, untuk standart rx king adalah 26 mm, biasanya menggunakan pelampung plastik dan stopper besi.
Yang perlu kita ubah adalah stoppernya, yang bertugas menekan jarum lubang mengalirnya bensin. Cukup ditekan menggunakan tang disesuaikan dengan ukuran sekian milimeter sesuai standart. efek lain dari kelebihan bensin di dalam magkuk karburator selain mbrebet adalah apabila untuk jalan menikung dan miring maka bensin akan tumpah mengalir melalui lubang levelernya. Bila ingin setting karburator yang bagus, bandingkan saja dengan karburator yang sehat atau dibawa ke service resminya.
Kadang anda kurang merasa puas dengan kecepatan sepeda motor yamaha RX king, dan mungkin anda ingin modifikasi atau mengopreknya supaya lebih kencang lagi. Dengan catatan karburator rx king anda masih keadaan original, karena karburator rx king imitasi sangat sulit sekali untuk di setting ada saja kendala yang dihadapi, brebet boros bahkan ngrotor.
Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu anda lakukan apabila anda belum merasa puas dengan kecepatan sepeda motor rx king anda, biar kenceng larinya gitu…??. Untuk menambah daya cengkeramanya perbesar rumah kanvas kopling menjadi 7 lembar, disarankan menggunakan kanvas kopling L2 super yang orisinil, kalau tidak ada tetap gunakan kanvas tambahan rx king saja. Dan ganti per kopling dengan per kopling milik suzuki smash.
kemudian blong knalpot standart, ini mempengaruhi 20 persen. Hilangkan semua sekat atau saringan kenalpot, kemudian buat kerucut kurang lebih 25 cm dari bagian yang persis dibawah footstep belakang lalu ujungnya disambung dengan menggunakan pipa berdiameter 3-4 cm lalu diteruskan dengan pipa lubang lubang sampai ujung kenalpot. Supaya mempunyai suara tarikan yang lebih halus gunakan peredam/ glaswool.
Langkah berikutnya adalah menghaluskan saluran masuk dan buang, trik ini sering dipakai oleh para bengkel. Lalu ganti membran / red valve dengan membran milik RX-Z dan di beri ganjal sedikit menggunakan aluminium pasta gigi yang ketebalanya sudah pas, bertujuan supaya buka tutup gas terasa cepat dan spontan. Jangan berlebihan setting karburator sesuai dengan kebutuhan mesin, bila perlu ganti Main jet dan Pilot jet nya. Sebelum anda memodifikasinya fikirkan terlebih dahulu, karena ada beberapa langkah yang merusak kondisi originalnya, selamat mencoba.


Tips Sederhana Memodifikasi Motor Agar Lebih Kencang Lajunya


Sekarang kemampuan untuk mengubah, menyetel atau mengeset motor bukan merupakan milik orang-orang di bengkel. Anda pun bisa mengulik motor standar Anda agar bisa jauh lebih kencang lajunya. Yang Anda perlukan hanyalah pemahaman-pemahaman dasar mengenai logika prinsip kerja mesin motor Anda, dan selanjutnya Anda bisa berkreasi secara mandiri. Simak tips berikut ini:
1. Piston. Untuk memodifikasi motor Anda agar menjadi lebih cepat lajunya, Anda harus mengurangi berat piston sehingga tenaga motor meningkat karena tenaga yang hilang untuk melawan berat piston. Untuk mengurangi berat piston, Anda bisa memotong bagian bawah dari piston, besarnya bagian yang dipotong tersebut sudah tertentu (pasti) dan tiap sepeda motor tidak sama.

2. Kepala Silinder. Dalam proses modifikasi motor Anda, kompresi ruang bahan bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Prinsipnya, semakin tinggi kompresi bahan bakar semakin besar tenaga yang dihasilkan. Untuk mempertinggi kompresi ruang bakar dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang bakar. Pada sepeda motor umumnya, hal ini dilakukan dengan menggerinda kepala silinder sehingga ruang bakar berkurang dan kompresinya meningkat.
3. Lubang Pembilasan. Jumlah gas baru campuran bensin dan udara yang dimasukkan ke ruang bakar sangat menentukan ternaga motor yang dihasilkan. Semakin banyak gas yang dimasukkan berarti kepadatan gas semakin tinggi sehingga tekanan kompresi naik dan pembakaran lebih baik. Untuk mencapai hal itu, lubang pembilasan (pemasukkan) diperluas agar jumlah gas baru yang masuk lebih banyak. Perluasan lubang bilans tersebut harus tetap pada batas-bataa tertentu dan disertai pula modifikasi di bagian lain. JIka hal itu tidak dilakukan maka motor bukannya bertambah tenaganya, tapi justru menjadi rusak.
4. Sistem Kelistrikan. Tenaga listrik pada motor kebyakan 6 volt. Tagangan tersebut dapat diubah menjadi 12 volt dengan mengubah system kelistrikannya. Dengan tegangan 12 volt, lampu-lampu menjadi lebih terang, klakson menjadi lebih keras dan bunga api busi menjadi lebih besar.
5. Rocker Arm. Rocker arm atau lengan penumbuk katup juga berfungsi untuk meneruskan gerakan dari batang penekan (push rod) atau dari poros pam sehingga katup bisa membuka dan menutup. Rocker arm yang baik adalah yang ringan tapi kuat. Jika pemotongan rocker arm berlebihan akan mengakibatkan rocker arm menjadi mudah patah.
6. Roda Gigi. Modif motor dilakukan dengan tujuan agar kecepatan sepeda motor bertambah pada tenaga mesin yang sama, roda gigi belakang harus diganti dengan ukuran diameter yang lebih kecil, jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil tentu saja panjang ranta roda harus dikurangi dan disetel.
Moga bermanfaat…sory kalau :repost
gak nolak kalau dikasi :cendolbig atau :rate5
Tips Sederhana Memodifikasi Motor Agar Lebih Kencang Lajunya
Tags: Bahan Bakar, Batas, Bensin, Bilans, cara memadatkan kompresi, cara memadatkan kompresi motor, cara mengencangkan motor, cara mengencangkan motor mio, cara modifikasi motor rx king, Karena, Logika, Lubang, Maka, Mesin, modifikasi beat sederhana, modifikasi mesin rx king, Naik, Pasti, Piston, Pula, Pun, Rusak, Sangat, sepeda motor, Tapi, Tekanan, Tiap, www cara agar mtr rx king jadi kencang
 
SUMBER : http://arxking.blogspot.com/2013/09/cara-modif-rx-king.html

0 komentar:

Posting Komentar